Kunci Rebana Hadroh Al Banjari

By | October 9, 2017

Kunci Rebana Hadroh Al Banjari. Rebana adalah tradisi islami yang telah ada sejak lampau, dan terus di lestarikan sampai sekarang, didalamnya tidak hanya ada seni keindahan bermusik tapi juga memiliki perasn sakral. Pada musik rebana hadroh al banjari berisikan lyric untuk mengagungkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Alat musik rebana dihasilkan dengan bahan dasar kayu dan kulit untuk membrannya. Rebana menggunakan  kayu yang berbentuk bulat dan dipotong agak pendek (tipis), dan bagian tengahnya dilubangi sehingga berbentuk menyerupai tabung yang rendah (tipis). atau berbentuk cincin. Salah satu sisi/lubang cincin nya ditutup dengan menggunakan kulit binatang yang telah di samak atau tipis, pada komponen badan cincin dilubangi kemudian dipasang sepasang lempengan logam tipis (kencer) yang disatukan pada sisi badan cincin.  Tiap rebana dipasangi tiga pasang kencer atau terdiri dari enam buah kencer.

Untuk ada yang ingin mempelajari kunci rebana hadroh al banjari ada mohal utama yang harus anda miliki yaitu latihan dan istiqomah. Untuk mempelajari bermain alat musik ini adalah susah susah gampang. Susah untuk anda yang baru belajar dan harus menyesuaikan dengan permainan alat musik ini tapi akan menjadi gampang bagi anda yang terus menerus berlatih untuk menguasai permainan alat musik ini. Belajar rebana pada prinsipnya sama seperti belajar seperti alat-alat musik yang tergolong perkusi seperti kendang, jimbe dan sebagainya. Di sini dikonsentrasikan kepada pukulan tangan atau jari jemari tangan.

Dalam permainan musik hadroh, ada 2 tipe Pukulan dasar, yakni :

Pukulan 1 atau Disebut pukulan Anakan, dan Pukulan 2 atau disebut pukulan Nikahan. Kedua variasi pukulan diatas dimainkan secara berbarengan sehingga membentuk harmoni bunyi yang khas. Karenanya dari itu diperlukan minimal dua orang penabuh hadroh supaya bisa mengiringi nyanyian qosidah sholawat.

Kunci Pukulan Dasar

1.Rumus Kunci Hadroh Anakan :

Awalan  : D.T DDDT / TDTT DDDT / ( diketuk ber xx mengikuti lagu )

Naikan  : TDTT TTTT TDDD DDDD DDTT

Naik      : TTDT TDTT (diulang menurut lagu)

Jeda       : T. TTTT TTTT

Akhiran : TDDT TTDT TD

2. Rumus Dasar Hadroh Nikahan

Awalan  : DT DDD / TDT DDD / ( diketuk berkali mengikuti lagu )

Naikan  : TD TTTT TTTD DDDD DDDD

Naik      : TTT. D. TTTD (diketuk berulang saat reff)

Jeda      : T.T.T. TTTT

Tutup     : DD TTT. D. TTTD

Ket : Rumus di atas adalah rumus dasar (belum diterapkan pada lagu), apabila akan diterapkan pada lagu maka rumus tersebut diketuk dengan mengikuti panjang pendeknya lagu, dengan cara dikurangi atau ditambah. Ketentuannya, untuk rumus A (yang ditambah atau dikurangi) adalah pada ketukan TTT. D. TTT D dan untuk rumus B pada ketukan TTDT TDTT.

CONTOH PENERAPAN PADA LAGU

Lagu Assalamu’alaik : Baris nomor 3 diketuk 2x, baris nomor 4 dikurangi 1

Lagu Yaa Nabi Salam ’Alaik : Baris nomor 4 ditambah 1.

Lagu Yaa Imamarrusli : Baris nomor 3 diketuk 2x, baris nomor 4 dikurangi 1.

Lagu Thola’al Badru : Baris nomor 3 dikurangi 1.

CONTOH VARIASI KETUKAN AWALAN LAGU

D / D DDD / T DDD…

D / TD TDD / T DDD…

D / D. D. D TT D / T DDD…

D / DD D / T DDD…

D / D D DD / T DDDT…

D / TD T. DD / T DDDT…

D / D. D. D TT TD / T DDDT…

D / DD D / T DDDT..

Artikel ini kami susun bari berbagai macam sumber di Internet, Tanpa mengurangi rasa hormat kami ucapkan terimakasih untuk website atau blog yang artikelnya telah kami kutip. Jazakumullah 🙂

One thought on “Kunci Rebana Hadroh Al Banjari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *